Kamis, 30 Oktober 2014



PENDIDIKAN EKONOMI

          Pendidikan ekonomi adalah salah satu program studi yang ada di Universitas Jember, tepatnya berada di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Pendidikan ekonomi mempunyai visi misi yang jelas yaitu :
 Tempat bangunan pendidikan ekonomi (PE) adalah di gedung satu FKIP atau sering disebut juga sebagai gedung tua karena memang bangunannya sudah dari dulu dan terlihat tua,namun di dalam gedung satu terdapat sebuah miniatur candi candi,patung,dan artefak lainnya yang sedikit menambah estetika gedung meskipun dari luar terlihat biasa saja. sementara gedung baru FKIP terdapat di gedung tiga yang di dalamnya hanya untuk program studi jurusan IPA (pendidikan fisika,biologi,dan matematika), jurusan Bahasa dan Sastra (pendidikan bahasa inggris dan bahasa indonesia ), dan untuk program studi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD)
            Sepertinya sudah bukan menjadi rahasia umum, jika jurusan IPS selalu dipandang sebelah mata, selalu mendapat perlakuan yang tidak adil, padahal banyak sekali pejabat-pejabat tinggi yang duduk sebagai wakil rakyat , mereka kebanyakan dari basic sosial yaitu jurusan IPS, banyak juga pengusaha-pengusaha sukses yang pendidikannya juga dari jurusan IPS, dari hal tersebut seharusnya jurusan IPS terutama pendidikan ekonomi bisa mendapatkan perlakuan yang adil sama seperti program studi lainnya yaitu bertempat di gedung tiga yang fasilitasnya cukup lengkap dan bagus dengan bangunan yang baru serta ditengah ditengah gedung terdapat pohon pohon hijau yang menambah keindahan dan kemegahan gedung tiga tersebut.
            Sebagai seorang mahasiswa baru universitas jember, teman teman baru saya yang juga masuk di FKIP pendidikan ekonomi kebanyakan mereka berasal dari luar jember, seperti halnya banyuwangi,jombang,sidoarjo,bondowoso,situbondo,dan dari daerah lainnya .selama mengadakan kegiatan perkuliahan lambat laun saya bisa menyeuaikan diri dengan tempat baru saya yaitu di program studi pendidikan ekonomi. Meskipun awalnya sulit karena tidak seperti teman-teman saya elama di SMA, namun lama lama mau tidak mau saya juga harus menerima akan halitu dan mencoba menyesuaikan diri dengan tempat baru saya yaitu di program studi pendidikan ekonomi , karena teman teman baru saya di pendidikan ekonomi mereka sangat menyenangkan 
            Baru-baru ini, pendidikan ekonomi berhasil menjadi program studi terbaik se-fakultas, bahkan sampai universitas. Hal itu berkat prestasi prestasi cemerlang yang selama ini telah dilakukan oleh seluruh keluarga besar pendidikan ekonomi, salah satu contohnya yaitu pendidikan ekonomi berhasil mengirimkan kakak angkatan untuk praktek mengajar (PPL) di negara thailand, dan masih banyak lagi prestasi-prestasi prodi pendidikan ekonomi yang selama ini yang bisa mengantarnya sebagai prodi terbaik se fakultas bahkan sampai universitas.sebagai bagian dari keluarga besar pendidikan ekonomi saya merasa bangga akan prestasi PE yang cemerlang.
Pendidikan ekonomi juga memiliki beberapa kegiatan mahasiswa seperti halnya :
·         Kopma (koperasi mahasiswa) yang menjual beberapa produk makanan dan minuman untuk para mahasiswa maupun para dosen
·         Jurnal atau pers mahasiswa yang lebih berkaitan dengan kegiatan buletin mahasiswa dan terkadang juga membahas tentang artikel-artikel serta berita terhangat yang sedang menjadi bahan pembicaraan di dunia maya (media sosial)
·          HMP pendidikan ekonomi libra yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan yang ada di pendidikan ekonomi atau jika di SMA tugasnya hampir sama dengan OSIS
Dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan mahasiswa lainnya yang sifatnya positif dan kita bisa mendapatkan pengalaman berorganiasi yang baik dengan kita bergabung dan berpartisipasi di kegiatan mahasiswa tersebut.
            Pendidikan ekonomi juga juga mempunyai bapak ibu dosen yang sangat luar biasa dan menjadikan para mahasiswanya menjadi lulusan terbaik serta membimbing para anak didiknya agar bisa lebih maju dan bepengetahuan luas. Seperti contohnya bapak jokowi yaitu dosen yang mengajar mata kuliah pengantar pemasaran jika untuk kelas semester satu. Cara mengajrnya cenderung santai tapi serius, terkadang jika mengajar beliau sering menunjukkan akun sosial medianya( facebook) untuk memperlihatkan foto-foto anggota keluarganya untuk diceritakan, memperlihatkan barang-barang yang dijualnya di situs online seperti (laptop,netbook,notbook) dan barang teknologi lainnya. Materi kuliah disampaikan beberapa menit setelahnya, beliau juga sering membuat suasana kelas terlihat menyenangkan dan tidak membosankan, karena beliau pintar sekali membuat semua anak didiknya tertawa. Beliau adalah salah satu dosen favorit saya.
            Selanjutnya yaitu bapak sukidin sebagai ketua prodi pendidikan ekonomi sekaligus dosen mata kuliah pengantar ilmu sosial untuk kelas semester satu. Namun karena kesibukannya beliau jarang mengajar mungkin karena kesibukannya, dengan adanya hal tersebut terkadang mata kuliah beliau digantikan oleh asisten dosennya yaitu bapak Ari.cara mengajar bapak sukidin sangat menyenangkan karena mengajarnya tidak serius terus menerus. Cara menyampaikan ilmunya kepada anak didiknya pun bahasanya mudah dipahami, dan dapat ditangkap oleh para peserta didiknya.

            Setelah itu, ibu hety dan ibu titin adalah salah satu dosen termuda dan junior yang dimliki oleh program studi pendidikan ekonomi, dan masih banyak lagi dosen dosen PE lainnya.  
           
                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar