BAB I
PENDAHULUAN
OLX Indonesia (sebelumnya
bernama tokobagus.com) merupakan sebuah situs dimana perseorangan
ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk serta jasa secara online.
OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru
atau bekas berkualitas seperti produk handphone murah, komputer, fashion, mobil
bekas, motor, rumah dan properti, peralatan rumah tangga, aneka jasa, dan juga
lowongan kerja. Disamping ini merupakan brand dari OLX Indonesia :
Brand
yang dipakai OLX Indonesia dalam branding online sangatlah sederhana, hanya
terdiri dari tulisan ungu, hijau dan oranye dengan wordart yang melambangkan
nama dari perusahaannya. Berikut mari kita analisa strategi branding online OLX
Indonesia :
- Who : target dari OLX Indonesia
adalah semua umur mengingat OLX merupakan situs jual beli online. Jadi semua
orang bisa menggunakan situs tersebut untuk menjadikan transaksi jual beli
online yang aman dan terpercaya
- What : janji dari brand OLX
Indonesia seperti yang bisa dilihat dari brandnya adalah Gratis, Mudah dan
Cepat yang dimana Gratis dalam memasang iklan, Mudah dalam menggunakan situsnya
dan Cepat dalam
- How : untuk komunikasi dengan
pelanggan,OLX menyediakan kontak di websitenya yang berguna untuk menanyakan
tentang masalah jual beli online apabila ada pelanggan yang belum mengetahui
tentang jual beli tersebut
Bisa dilihat
dari atas bahwa OLX
lebih fokus kedalam promosi situs mereka dikarenakan mereka akhir-akhir ini baru
saja mengganti nama mereka yang sebelum nya TokoBagus.com. Berikut analisa strategi OLX berdasarkan kerangka branding triangle di online
branding:
- External Marketing : OLX melakukan
kegiatan promosinya dengan memakai berbagai media online. Pertama website, di http://www.olx.co.id/ OLX menyediakan informasi lengkap
mengenai produk-produk
yang diperjual belikan di website tersebut tentu termasuk
banner dengan brand OLX yang menjadi
promosi. OLX juga memanfaatkan
media seperti youtube dan facebook untuk mempromosikan produknya, di youtube OLX menyediakan
video khusus untuk mempromosikan
tentang situs OLX yang dimana pada saat kita mau melihat suatu video di youtube
akan muncul sebuah iklan pendek yang berdurasi 15-30 detik yang dimana OLX
mempromosikan tentang website jual belinya.
- Internal Marketing : misi dari OLX tersebut adalah menjadi situs
mereka menjadi media yang mudah, cepat dan gratis untuk para pelanggan OLX.
Sebagaimana yang kita tahu apabila kita ingin beriklan di beberapa tempat harus
membayar terlebih dahulu tetapi tidak di OLX
- Interactive marketing : OLX adalah situs online yang bergerak dalam
bidang jual beli online, jadi OLX secara langsung berhubungan
dengan pelanggan
dan juga pelanggan secara langsung berhubungan pelanggan lain nya apabila ingin
melakukan transaksi jual beli online
BAB II
ISI
A.
PROSES
PENDAFTARAN OLX
Awalnya
penjual memasarkan barang yang akan di jual di salah satu situs internet yaitu
melalui aplikasi OLX.co.id. Dari situlah pemasaran mulai dilakukan guna
memperoleh keuntungan dari barang yang akan dijual. Dibawah ini terdapat proses
pendaftaran iklan yang akan di masukkan ke dalam situs OLX.co.id sebagai
berikut :
1.
Barang yang akan dijual pada situs OLX.co.id
2.
Setelah
memasaukkan ke iklan OLX, maka menunggu dimoderasi
3.
Pemberitahuan
melalui email jika sudah dimoderasi
(ditayangkan)
4.
Setelah
ditayangkan di situs OLX.co.id
5.
Hasil untuk
iklan yang semuanya telah di pasang
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dari
pembahasan makalah ini kita dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa untuk dapat
memenangkan persaingan dalam pemasaran terlebih dahulu manajemen pemasaran
harus mengetahui situasi apa yang sedang dialami oleh perusahaan sebelum
menentukan strategi apa yang yang cocok digunakan untuk menghadapi situasi
tersebut. Dalam menghadapi persaingan pemasaran, penentuan strategi pemasaran
sangat penting dan hal ini juga harus ditunjang oleh manajer pemasar yang
professional dan memiliki kreatifitas yang tinggi. Jadi tempatkanlah manajemen
pemasaran anda sebagai bagian penting dalam perusahaan demi mencapai tujuan
bisnis yaitu profitabilitas yang tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar