Rabu, 01 Juli 2015

Manjemen Pemasaran (Penjualan Melalui OLX)

BAB I
PENDAHULUAN

            OLX Indonesia (sebelumnya bernama tokobagus.com) merupakan sebuah situs dimana perseorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk serta jasa secara online.
OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk handphone murah, komputer, fashion, mobil bekas, motor, rumah dan properti, peralatan rumah tangga, aneka jasa, dan juga lowongan kerja. Disamping ini merupakan brand dari OLX Indonesia :
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/5/59/OLX_Indonesia.pngBrand yang dipakai OLX Indonesia dalam branding online sangatlah sederhana, hanya terdiri dari tulisan ungu, hijau dan oranye dengan wordart yang melambangkan nama dari perusahaannya. Berikut mari kita analisa strategi branding online OLX Indonesia :
- Who : target dari OLX Indonesia adalah semua umur mengingat OLX merupakan situs jual beli online. Jadi semua orang bisa menggunakan situs tersebut untuk menjadikan transaksi jual beli online yang aman dan terpercaya
- What : janji dari brand OLX Indonesia seperti yang bisa dilihat dari brandnya adalah Gratis, Mudah dan Cepat yang dimana Gratis dalam memasang iklan, Mudah dalam menggunakan situsnya dan Cepat dalam
- How : untuk komunikasi dengan pelanggan,OLX menyediakan kontak di websitenya yang berguna untuk menanyakan tentang masalah jual beli online apabila ada pelanggan yang belum mengetahui tentang jual beli tersebut

Bisa dilihat dari atas bahwa OLX lebih fokus kedalam promosi situs mereka dikarenakan mereka akhir-akhir ini baru saja mengganti nama mereka yang sebelum nya TokoBagus.com. Berikut analisa strategi OLX berdasarkan kerangka branding triangle di online branding:
- External Marketing : OLX melakukan kegiatan promosinya dengan memakai berbagai media online. Pertama website, di http://www.olx.co.id/ OLX menyediakan informasi lengkap mengenai produk-produk yang diperjual belikan di website tersebut tentu termasuk banner dengan brand OLX yang menjadi promosi. OLX juga memanfaatkan media seperti youtube dan facebook untuk mempromosikan produknya, di youtube OLX menyediakan video khusus untuk mempromosikan tentang situs OLX yang dimana pada saat kita mau melihat suatu video di youtube akan muncul sebuah iklan pendek yang berdurasi 15-30 detik yang dimana OLX mempromosikan tentang website jual belinya.
- Internal Marketing : misi dari OLX tersebut adalah menjadi situs mereka menjadi media yang mudah, cepat dan gratis untuk para pelanggan OLX. Sebagaimana yang kita tahu apabila kita ingin beriklan di beberapa tempat harus membayar terlebih dahulu tetapi tidak di OLX
- Interactive marketing : OLX adalah situs online yang bergerak dalam bidang jual beli online, jadi OLX secara langsung berhubungan dengan pelanggan dan juga pelanggan secara langsung berhubungan pelanggan lain nya apabila ingin melakukan transaksi jual beli online






BAB II
ISI

A.    PROSES PENDAFTARAN OLX
Awalnya penjual memasarkan barang yang akan di jual di salah satu situs internet yaitu melalui aplikasi OLX.co.id. Dari situlah pemasaran mulai dilakukan guna memperoleh keuntungan dari barang yang akan dijual. Dibawah ini terdapat proses pendaftaran iklan yang akan di masukkan ke dalam situs OLX.co.id sebagai berikut :
1.    Barang yang akan dijual pada situs OLX.co.id
    


2.    Setelah memasaukkan ke iklan OLX, maka menunggu dimoderasi



3.    Pemberitahuan melalui email jika sudah dimoderasi (ditayangkan)

4.    Setelah ditayangkan di situs OLX.co.id
5.    Hasil untuk iklan yang semuanya telah di pasang





BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dari pembahasan makalah ini kita dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa untuk dapat memenangkan persaingan dalam pemasaran terlebih dahulu manajemen pemasaran harus mengetahui situasi apa yang sedang dialami oleh perusahaan sebelum menentukan strategi apa yang yang cocok digunakan untuk menghadapi situasi tersebut. Dalam menghadapi persaingan pemasaran, penentuan strategi pemasaran sangat penting dan hal ini juga harus ditunjang oleh manajer pemasar yang professional dan memiliki kreatifitas yang tinggi. Jadi tempatkanlah manajemen pemasaran anda sebagai bagian penting dalam perusahaan demi mencapai tujuan bisnis yaitu profitabilitas yang tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar